Study Kasus Visi & Misi PT. Telkom
I.
Latar
Belakang
Identitas sebuah
perusahaan / organisasi dapat dengan jelas dilihat dari visi dan misi bisnis
tersebut. Visi dan misi yang jelas dari sebuah
perusahaan akan menuntun perusahaan tersebut ke arah tujuan yang jelas
dan juga objektif. Visi perusahaan dapat mengarahkan, memusatkan, memotivasi,
menyatukan bahkan menginspirasi seluruh komponen dalam perusahaan untuk
mencapai kinerja yang superior. Pada kali ini saya akan membahas visi dan misi
PT. Telkom. Telkom merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa layanan
telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. Dengan statusnya sebagai perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas perusahaan adalah pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham perusahaan diperdagangkan di BEI,
NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (POWL) di Jepang.
Berdasarkan Anggaran
Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan perusahaan adalah menyelenggarakan
jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya
perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, perusahaan menjalankan
kegiatan usaha yang meliputi usaha utama dan usaha penunjang.
Usaha utama PT.
Telkom adalah Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan,
memasarkan atau menjual/menyediakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya
dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kemudian,
merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan
meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang
selua-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha penunjang PT. Telkom adalah menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan
informatika. Serta menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki perusahaan, antara
lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi,
fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
Berikut
Visi dan Misi PT. Telkom :
a. Visi
PT Telekomunikasi Indonesia Persero
Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan
Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (TIMES) di
kawasan regional.
b.
Misi
PT. Telkom
-
Menyediakan layanan TIMES yang
berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
-
Menjadi model pengelolaan korporasi
terbaik di Indonesia.
I.
Teori
Visi adalah
gambaran ideal masa depan yang spesifik dan yang dipilih untuk diwujudkan (dalam jangka panjang),
hal inilah yang membuat pembahasan tentang visi dan misi bisnis penting untuk
dilakukan, terutama ketika melihat bahwa setiap perusahaan harus mempunyai
tujuan dalam menjalankan usahanya. Ada banyak sekali definisi tentang visi dan
misi yang dikemukakan oleh para ahli.
Namun, definisi-definisi tersebut merujuk pada satu pengertian yang dapat
diterima bersama. Secara sederhana, visi suatu perusahaan harus dapat menjawab
satu pertanyaan mendasar. “Apa yang ingin dicapai oleh perusahaan?”. Itulah
pertanyaan yang menjadi dasar dalam mendefinisikan apa itu visi. Beberapa
definisi visi antara lain :
a. Schwetje,
G. & Vaseghi, S. (2007)
Visi mendeskripsikan gambaran
masa depan perusahaan dan akan mendorong kreativitas anggota di dalamnya.
b. Wibisono
(2006)
Visi merupakan
rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi / perusahaan
yang ingin dicapai di masa depan.
c. Ruky
(2003)
Visi adalah Sebuah gagasan tertulis
yang menggambarkan tujuan utama pendirian sebuah perusahaan/instansi/organisasi.
Berdasarkan
beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa visi adalah pandangan jauh ke depan tentang ke arah mana
sebuah perusahaan akan dibawa atau gambaran cita-cita apa yang ingin
dicapai oleh perusahaan.
Sebuah
visi haruslah (Wibisono,2006) :
a. Visi
bukanlah fakta, tetapi visi juga harus realistic
b. Measureable
c. Simple
d. Visi
akan lebih mudah diingat dan dijadikan komitmen bila dibuat dengan kalimat yang
sederhana dan
e. Attractive
Adapun
tujuan penetapan visi perusahaan, yaitu:
a. Mencerminkan
sesuatu yang akan dicapai perusahaan
b. Memiliki
orientasi pada masa depan perusahaan
c. Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran
dan lingkungan perusahaan
d. Menentukan
arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
e. Menjamin
kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan
Visi
yang telah ada tersebut akan sulit dimengerti oleh pihak-pihak yang ada dalam
organisasi atau perusahaan karena sifatnya yang multidimensi, tidak tertulis
dan hanya ada dalam benak para pendirinya, maka kita harus memikirkan pula bagaimana visi tersebut dapat dicapai.
Agar setiap orang dalam organisasi memahami cita-cita perusahaan maka
dipandang perlu visi terebut dibuat secara tertulis. Visi tertulis inilah yang dikenal sebagai
Misi.
Schwetje,
G. & Vaseghi,S. (2007) menjelaskan bahwa misi adalah mendeskripsikan tujuan
perusahaan, strategi, pola perilaku, dan nilai-nilai perusahaan. Sedangkan Wibisono
(2006) mengatakan bahwa misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan
/ alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan
kepada masyarakat baik berupa produk atau jasa. Lain halnya menurut Ruky (2003)
misi adalah langkah atau tahapan yang harus dilalui oleh perusahaan/instansi/organisasi
untuk mencapai visinya.
I.
Analisis
PT Telkom mempunyai
visi yaitu menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan
Services (TIMES) di kawasan regional yang memberikan gambaran tentang bagaimana
kinerja, tugas, dan pelayanan yang diberikan oleh PT Telekomunikasi
Indonesia atau yang kerap disebut Telkom ini.
Dengan visinya
tersebut, membuktikan bahwa PT. Telkom mempunyai visi yang rasional yang
dianggap paling ideal oleh pihak Telkom sendiri. Visi PT. Telkom yang spesifik
menjelaskan tentang pandangan untuk mewujudkan cita-cita memanglah pantas.
Merupakan sangat realistik untuk dapat diwujudkan. Dengan terbukti sudah ada
lebih dari 1$1,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih
dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.
Dengan visinya ini pula, demi untuk menghadapi tantangan dengan
semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dan konektifitas tanpa putus,
maka PT Telkom telah bertransformasi, bisnis yang mencakup telekomunikasi, informasi,
media, edutainment dan services (TIMES). Dengan berfokus kuat pada layanan TIMES (Telecommunication,
Information, Media, Edutainment dan Service), PT Telkom berusaha untuk
tetap berkomitmen untuk Mempelopori Masyarakat Digital di Indonesia.
Misi PT Telkom
ada dua, yang pertama Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan
harga yang kompetitif. Dan yang kedua adalah Menjadi model pengelolaan korporasi
terbaik di Indonesia. PT Telkom merupakan salah satu perusahaan terbesar
dalam bidang komunikasi yang juga sangat bersaing dalam
harga dibandingkan dengan perusahaan komunikasi lainnya. Dengan mutu dan
layanan yang sangat diutamakan, terbukti dengan kepercayaan dan loyalitas para
konsumen yang tinggi.
Komitmen PT Telkom
untuk mendukung mobilitas dan konektifitas tanpa batas diyakini
akan meningkatkan kepercayaan pelanggan ritel maupun korporasi terhadap kualitas, kecepatan,
dan kehandalan layanan serta layanan produk yang ditawarkan. Hal itu terbukti dengan kontinuitas peningkatan di sisi jumlah pelanggan
Selain upayanya
dalam meningkatkan mutu produk dan pelayanannya, PT Telkom juga berusaha agar
dapat Menjadi model korporasi terbaik di Indonesia. Demi mengusahakan hal
tersebut, maka PT Telkom senantiasa menjalankan etika bisnis dan budaya
serta nilai-nilai perusahaan.
I.
Kesimpulan
dan Saran
Dapat
disimpulkan bahwa misi adalah alasan mengapa perusahaan itu dirikan. Misi
perusahaan membesakan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Visi dan misi
memberikan manajer kesatuan arah yang melebihi kepentingan pribadi, kepentingan
sempit semata. Visi dan misi mendatangkan rasa pengharapan yang sama di antara
semua tingkatan dan angkatan karyawan. Visi dan Misi menegaskan nilai dan
tujuan yang dapat dipahami dan diterima oleh semua pihak luar perusahaan. PT
Telkom merupakan korporasi yang bercita-cita untuk dapat menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan (TIMES) di kawasan regional. PT Telkom
juga memiliki misi untuk menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif dan bisa menjadi model pengelolaan
korporasi terbaik di Indonesia. Dalam menjalankan misinya, Telkom menerapkan
etika bisnis dan budaya perusahaan pada organisasinya.
Visi dan Misi bagi sebuah perusahaan sangat penting. Dalam
persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi
dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi sumber daya manusia dan
budaya perusahaan yang tepat pula. Dalam menghadapi perubahan, diperlukan
kehati-hatian untuk dapat menyesuaikan diri
dengan perkembangan dan sekaligus menjaga
kelangsungan organisasi agar mampu bertahan hidup. Oleh karena itu, perlu
ditetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan yang jelas. PT Telkom merupakan
salah satu perusahaan besar di Indonesia yang juga sebagai Perusahaan (BUMN). Seperti kebanyakan permasalahan yang
ada di perusahaan-perusahaan (BUMN) lainnya. PT Telkom juga relatif dibebani
dengan beragam peraturan dan regulasi yang seringkali membuat mereka lamban dalam mengambil
keputusan strategis. Dengan demikian, bisa dikatakan pihak Telkom sangat lemah
dan lamban dalam mengambil keputusan sehingga sulit untuk bisa mengambil keputusan dengan baik, tetapi pemerintah terkadang juga membuat perusahaan
ini tidak bisa bersikap dinamis dan royal dalam perubahan pasar. Pelayanan
Telkom juga seharusnya diperbaiki, karena pengguna Telkom yang sudah sangatlah banyak, namun tidak diimbangi dengan system pelayanan
yang ketat.
Daftar Pustaka:
• Schwetje, G.
& Vaseghi, S. (2007). The Business Plan : How to Win Your Investors’
Confidence. Berlin: Springer
• Wibisono, D. (2006). Manajemen Kinerja, Konsep,
Desain, dan Teknik Meningkatka Daya Saing Perusahaan. Jakarta. Erlangga
• Ruky, A. S. (2003). SDM berkualitas mengubah visi
menjadi realitas. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
• Lane, H. W. (2004). The Blackwell handbook of global
management: A guide to managing complexity. USA: Blackwell Publishing.
Komentar