Study Kasus Visi & Misi PT. Telkom


       I.            Latar Belakang
Identitas sebuah perusahaan / organisasi dapat dengan jelas dilihat dari visi dan misi bisnis tersebut. Visi dan misi yang jelas dari sebuah  perusahaan akan menuntun perusahaan tersebut ke arah tujuan yang jelas dan juga objektif. Visi perusahaan dapat mengarahkan, memusatkan, memotivasi, menyatukan bahkan menginspirasi seluruh komponen dalam perusahaan untuk mencapai kinerja yang superior. Pada kali ini saya akan membahas visi dan misi PT. Telkom. Telkom merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. Dengan statusnya sebagai perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas perusahaan adalah pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (POWL) di Jepang.
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan perusahaan adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, perusahaan menjalankan kegiatan usaha yang meliputi usaha utama dan usaha penunjang.
Usaha utama PT. Telkom adalah Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyediakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kemudian, merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang selua-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha penunjang PT. Telkom adalah menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika. Serta menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi  sumber daya yang dimiliki perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
Berikut Visi dan Misi PT. Telkom :
a.       Visi PT Telekomunikasi Indonesia Persero
Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (TIMES) di kawasan regional.
b.      Misi PT. Telkom
-          Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
-          Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.

       I.            Teori
Visi adalah gambaran ideal masa depan yang spesifik dan yang dipilih untuk diwujudkan (dalam jangka panjang), hal inilah yang membuat pembahasan tentang visi dan misi bisnis penting untuk dilakukan, terutama ketika melihat bahwa setiap perusahaan harus mempunyai tujuan dalam menjalankan usahanya. Ada banyak sekali definisi tentang visi dan misi yang dikemukakan oleh  para ahli. Namun, definisi-definisi tersebut merujuk pada satu pengertian yang dapat diterima bersama. Secara sederhana, visi suatu perusahaan harus dapat menjawab satu pertanyaan mendasar. “Apa yang ingin dicapai oleh perusahaan?”. Itulah pertanyaan yang menjadi dasar dalam mendefinisikan apa itu visi. Beberapa definisi visi antara lain :
a.       Schwetje, G. & Vaseghi, S. (2007)
Visi mendeskripsikan gambaran masa depan perusahaan dan akan mendorong kreativitas anggota di dalamnya.
b.      Wibisono (2006)
Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi / perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.
c.       Ruky (2003)
Visi adalah Sebuah gagasan tertulis yang menggambarkan tujuan utama pendirian sebuah perusahaan/instansi/organisasi.
Berdasarkan beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa visi adalah pandangan jauh ke depan tentang ke arah mana sebuah perusahaan akan dibawa atau gambaran cita-cita apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.
Sebuah visi haruslah (Wibisono,2006) :
a.       Visi bukanlah fakta, tetapi visi juga harus realistic
b.       Measureable
c.       Simple
d.    Visi akan lebih mudah diingat dan dijadikan komitmen bila dibuat dengan kalimat yang sederhana dan
e.        Attractive
Adapun tujuan penetapan visi  perusahaan, yaitu:
           a.     Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan 
           b.    Memiliki orientasi pada masa depan perusahaan
           c.      Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
           d.    Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
           e.     Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan

Visi yang telah ada tersebut akan sulit dimengerti oleh pihak-pihak yang ada dalam organisasi atau perusahaan karena sifatnya yang multidimensi, tidak tertulis dan hanya ada dalam benak para pendirinya, maka kita harus memikirkan pula bagaimana visi tersebut dapat dicapai.  Agar setiap orang dalam organisasi memahami cita-cita perusahaan maka dipandang perlu visi terebut dibuat secara tertulis. Visi tertulis inilah yang dikenal sebagai Misi.

Schwetje, G. & Vaseghi,S. (2007) menjelaskan bahwa misi adalah mendeskripsikan tujuan perusahaan, strategi, pola perilaku, dan nilai-nilai perusahaan. Sedangkan Wibisono (2006) mengatakan bahwa misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan / alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat baik berupa produk atau jasa. Lain halnya menurut Ruky (2003) misi adalah langkah atau tahapan yang harus dilalui oleh perusahaan/instansi/organisasi untuk mencapai visinya.

       I.            Analisis
PT Telkom mempunyai visi yaitu menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (TIMES) di kawasan regional yang memberikan gambaran tentang bagaimana kinerja, tugas, dan pelayanan yang diberikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia atau yang kerap disebut Telkom ini.
Dengan visinya tersebut, membuktikan bahwa PT. Telkom mempunyai visi yang rasional yang dianggap paling ideal oleh pihak Telkom sendiri. Visi PT. Telkom yang spesifik menjelaskan tentang pandangan untuk mewujudkan cita-cita memanglah pantas. Merupakan sangat realistik untuk dapat diwujudkan. Dengan terbukti sudah ada lebih dari 1$1,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.
Dengan visinya ini pula, demi untuk menghadapi tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dan konektifitas tanpa putus, maka PT Telkom telah bertransformasi, bisnis yang mencakup telekomunikasi, informasi, media, edutainment dan services (TIMES). Dengan berfokus kuat pada layanan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Service), PT Telkom berusaha untuk tetap berkomitmen untuk Mempelopori Masyarakat Digital di Indonesia.
Misi PT Telkom ada dua, yang pertama Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Dan yang kedua adalah Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia. PT Telkom merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang komunikasi yang juga sangat bersaing dalam harga dibandingkan dengan perusahaan komunikasi lainnya. Dengan mutu dan layanan yang sangat diutamakan, terbukti dengan kepercayaan dan loyalitas para konsumen yang tinggi.
Komitmen PT Telkom untuk mendukung mobilitas dan konektifitas tanpa batas diyakini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan ritel maupun korporasi terhadap kualitas, kecepatan, dan kehandalan layanan serta layanan produk yang ditawarkan. Hal itu terbukti dengan kontinuitas peningkatan di sisi jumlah pelanggan
Selain upayanya dalam meningkatkan mutu produk dan pelayanannya, PT Telkom juga berusaha agar dapat Menjadi model korporasi terbaik di Indonesia. Demi mengusahakan hal tersebut, maka PT Telkom senantiasa menjalankan etika bisnis dan budaya serta nilai-nilai perusahaan.

       I.            Kesimpulan dan Saran
Dapat disimpulkan bahwa misi adalah alasan mengapa perusahaan itu dirikan. Misi perusahaan membesakan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Visi dan misi memberikan manajer kesatuan arah yang melebihi kepentingan pribadi, kepentingan sempit semata. Visi dan misi mendatangkan rasa pengharapan yang sama di antara semua tingkatan dan angkatan karyawan. Visi dan Misi menegaskan nilai dan tujuan yang dapat dipahami dan diterima oleh semua pihak luar perusahaan. PT Telkom merupakan korporasi yang bercita-cita untuk dapat menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan (TIMES) di kawasan regional. PT Telkom juga memiliki misi untuk menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif dan bisa menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia. Dalam menjalankan misinya, Telkom menerapkan etika bisnis dan budaya perusahaan pada organisasinya.
Visi   dan   Misi   bagi   sebuah   perusahaan   sangat   penting.  Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi sumber daya manusia dan budaya perusahaan yang tepat pula. Dalam menghadapi perubahan, diperlukan kehati-hatian untuk dapat menyesuaikan diri dengan   perkembangan   dan sekaligus menjaga kelangsungan organisasi agar mampu bertahan hidup. Oleh karena itu, perlu ditetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan yang jelas. PT Telkom merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang juga sebagai Perusahaan (BUMN). Seperti kebanyakan permasalahan yang ada di perusahaan-perusahaan (BUMN) lainnya. PT Telkom juga relatif dibebani dengan beragam peraturan dan regulasi yang seringkali membuat mereka lamban dalam mengambil keputusan strategis. Dengan demikian, bisa dikatakan pihak Telkom sangat lemah dan lamban dalam mengambil keputusan sehingga sulit untuk bisa mengambil keputusan dengan baik, tetapi pemerintah terkadang juga membuat perusahaan ini tidak bisa bersikap dinamis dan royal dalam perubahan pasar. Pelayanan Telkom juga seharusnya diperbaiki, karena pengguna Telkom yang sudah sangatlah banyak, namun tidak diimbangi dengan system pelayanan yang ketat.



Daftar Pustaka:

•      Schwetje, G. & Vaseghi, S. (2007). The Business Plan : How to Win Your Investors’ Confidence. Berlin: Springer
•      Wibisono, D. (2006). Manajemen Kinerja, Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatka Daya Saing Perusahaan. Jakarta. Erlangga
•      Ruky, A. S. (2003). SDM berkualitas mengubah visi menjadi realitas. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

•      Lane, H. W. (2004). The Blackwell handbook of global management: A guide to managing complexity. USA: Blackwell Publishing.






Komentar

Postingan Populer